Manfaat Tanaman Kapulaga

Diposting oleh Unknown on Senin, 11 Juni 2012


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 Nama latin : Amamum campactum soland
Famili : Zingiberaceae
Daerah : Bali : Kapolagha , Jawa : Kapulaga , Madura : Kapulaga , Sunda : Palago , Minangkabau : Pelaga puwar  
Asing : Ronde Kardemon
 
Sifat Kimiawi :
Tumbuhan ini kaya kandungan kimia, yang sudah diketahui a.l. minyak terbang ‑ sineol , terpineol dan alfaborneol , beta - kamper , protein , gula , lemak dan silikat .
Efek Farmakologis :
Tanaman ini memiliki sifat Rasa agak pahit , hangat . Penurun panas , anti tusif , peluruh dahak dan anti muntah .
 
Bagian tanaman yang digunakan :
Seluruh tanaman dan buah.
Cara budidaya : Perbanyakan tanaman dg menggunakan rimpang . Pemeliharaan mudah , perlu cukup air dg cara penyiraman yg cukup, menjaga kelembaban dan pemupukan terutama pupuk dasar . 
 
Wilayah : Kapulaga berasal dari hutan tropis di daerah India Selatan dan Srilangka. Kapulaga diperkenalkan ke negara Eropa oleh bangsa Arab sebagai bumbu . Tanaman ini juga tumbuh dinegara Thailand , Kamboja , Malaysia Barat , dan Filipina , terutama di wilayah berbukit yang dingin , didaerah lembah dan terlindung . Di Indonesia kapulaga ditemukan tumbuh liar dan ditanam di wilayah perbukitan di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah .
Ukuran :


Tumbuh - tumbuhan ini tumbuh berumbi akar dengan tinggi antara 2 - 3 m . Daunnya lonjong berujung runcing dengan panjang sekitar 30 cm dan lebar 10 cm . Bunganya ( simetris dua sisi , berwarna kemerah - merahan dan terbagi menjadi 3 bagian) dapat dibedakan menurut perbedaan jenis varietas setempat . Dari sana akan dihasilkan buah kotak berwarna putih yang harum sehingga bisa digunakan sebagai obat maupun bumbu . Kapulaga yang diperdagangkan terdiri atas kapsul kering , bersisi tiga , lonjong atau bundar , berwarna abu - bu coklat , yang terbagi atas tiga ruang , berisi padat dengan benih bersudut yang berwarna coklat . Biji - biji tersebut mempunyai rasa pedas , kamfer , berbau wangi , dan terasa dingin pada lidah jika dimamah . Buahnya berada dalam tandan berbentuk bulat kecil , kadang berbulu dan berwarna kuning kelabu . Kapulaga sabrang ( Elettaria cardamomum L ) Maton yang berasal dari lran lebih harum baunya . Jika terlalu banyak mengunakan kapulaga maka akan mengganggu kerja cairan lambung .

Kandungan & Manfaat :

Ekstrak ( dimasak dengan air ) dari seluruh tumbuh - tumbuhan dipakai sebagai obat terhadap flatulensi atau meteorismus ( penimbunan gas dalam usus ) , kolik dan kelemahan . Tumbuh-tumbuhan yang ditumbuk halus bersama air dipakai sebagai obat gosok untuk penyakit encok . Ekstrak dari umbi akar dipergunakan sebagai obat demam . Bijinya adalah bahan mamah , dipakai juga sebagai bumbu ( untuk kue ) dan sebagai obat , contohnya untuk mengobati kesulitan bernapas , mulut berbau ( futor exore ) dan untuk mengobati batuk dan gatal ditenggorokan dengan memamahnya . Dalam bahan biji terdapat minyak kardamon yang mengandung terpineol , terpinylasetat , sineol , borneol dan sabinen , zat putih telur , calcium - oksalat dan silisium . Selain itu juga mengandung minyak atsiri ( alfaborneol dan betakamfer ) yang berkhasiat untuk mengencerkan dahak , memudahkan pengeluaran angin dari perut , menghangatkan , membersihkan darah , menghilangkan rasa sakit , mengharumkan .

Penyakit yang dapat disembuhkan dan cara penggunaannya .
1. Kejang Perut , Rematik :
Semua bagian tumbuhan ini termasuk akarnya direbus selama lebih kurang lebih seperempat jam dengan disaring , airnya diminum . 2. Demam , Panas : Batang direbus selama lebih kurang seperempat jam kemudian disaring . airnya
diminum.3. Batuk : Buah dikunyah ; biah di kunyah
4. Mencegah Mual : buah direbus dan dimakan .
5. Bau Badan : rimpang direbus secukupnya dan diminum airnya .
6. Radang Amandel ; Gangguan Haid , Kejang Perut , Obat Kumur , Influaenza , Radang Lambung , Sesak Napas , Badan Lemah ( SEBAGAI TONIKUM ) : Buah direbus , makan dan masih banyak yang lainnya .

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini