Awas Susu Segar Mentah Rawan Tercemar Bakteri

Diposting oleh Unknown on Selasa, 29 Mei 2012

 

Ada sebagian orang yang berpendapat bahwa mengkonsumsi susu segar mentah lebih menyehatkan daripada susu yang sudah matang/diolah, karena susu mentah diklaim mengandung bakteri dan enzim yang baik untuk kesehatan. Tetapi sebaiknya jangan terburu-buru mempercayai hal tersebut karena ternyata susu segar mentah bisa menjadi sumber penyakit, seperti dikutip dari CNN.
Menurut data Center for Disease Control (CDC) ditemukan 86 laporan wabah keracunan makan yang disebabkan susu mentah antara tahun 1998 dan 2008. Wabah itu menyebabkan 1.676 orang sakit, 191 harus dirawat di rumah sakit dan dua orang meninggal.
Di Amerika Serikat tercatat ada dua pasien yang menderita Guillain-Barre syndrome (yang bisa menyebabkan kelumpuhan) setelah terkena infeksi bakteri campylobacteriosis akibat mengonsumsi susu mentah.
Alasan kenapa susu mentah sering menjadi penyebab keracunan makanan adalah karena susu mentah dapat dengan mudah terkontaminasi oleh bakteri yang bisa bersumber dari kotoran hewan, tanah, kulit, bulu binatang atau pun peralatan lain di peternakan.
Nah agar susu aman dikonsumsi maka harus dilakukan pengolahan untuk membunuh bakteri yang mencemari susu tanpa merusak zat gizi pada susu. Salah satu cara aman untuk mematikan bakteri adalah dipanaskan dengan suhu tinggi, baik pasteurisasi atau UHT. Metode ini bisa mematikan bakteri literia, salmonella dan juga E.coli.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini