Cara Membuat Kue Terang Bulan Mini Yang Enak

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 16 Juni 2012

Terang Bulan Mini Cara Membuat Kue Terang Bulan Mini Yang Enak

Kalo berbicara tentang kue terang bulan mini, saya jadi teringat masa-masa di jember dulu pas kuliah. Dulu saya sering banget jajan terang bulan mini ini di bundaran DPRD Jember. Selain rasanya yang memang enak, harganya juga murah..  biasanya saya menyantap terang bulan mini ini disertai dengan minum es pisang ijo

Setelah sekian lama saya tidak di jember lagi, saya jadi kangen dengan rasa kue terang bula mini yang enak itu. Akhirnya saya punya inisiatif untuk membuat kue terang bulan sendiri di rumah, namun kendalanya saya gak punya resep membuat kue terang bulan mini. Namun setelah saya cari-cari di internet, akhirnya nemu juga cara membuat kue terang bulan mini.
Setelah saya praktekkan sendiri, akhirnya berhasil juga membuat terang bulan mini..  rasanya gak jauh berbeda dengan yang saya beli di bundaran DPRD Jember. Mungkin temen-temen ada yang mau nyoba resep terang bulan mini ini??? monggo saya kasih resepnya. Namun sebelum membuat kue terang bulan mini, sediakan dulu bahan-bahan yang diperlukan.

Kue Terang Bulan Mini Cara Membuat Kue Terang Bulan Mini Yang Enak

Bahan-bahan membuat kue terang bulan mini : 
  • 400 gr terigu
  • 4 gr garam halus
  • 5 gr ragi instan
  • 80 gr gula pasir
  • 450 ml air
  • 2 butir telur
  • 2 gr soda kue
  • vanili essence secukupnya
Bahan untuk topping kue terang bulan mini :
  • 100 gr margarin
  • Pisang kepok
  • Keju cheddar parut
  • Kacang tanah, goreng, tumbuk kasr
  • Meises
  • susu kental manis
Cara membuat kue terang bulan mini:
  1. Pertama, campurkan terigu dan telur ke dalam baskom
  2. Kemudian buat adonan biang dengan cara mencampurkan ragi instan dan air, diamkan sebentar sampai ragi bekerja
  3. Selanjutnya masukkan campuran biang tadi ke dalam campuran terigu. Aduk pelan sampai rata
  4. Masukkan gula, garam, soda kue dan essence vanili. Aduk sampai rata dan diamkan selama 30 menit sampai adonan mengeluarkan buih
  5. Siapkan cetakan kue terang bulan mini, panaskan dan olesi dengan sedikit margarin/minyak goreng
  6. Tuangkan adonan ke dalam cetakan. Jangan terlalu penuh. Cukup setebal 1 cm dari dasar cetakan
  7. Tutup cetakan dan tunggu sampai permukaan terang bulan berpori
  8. Oles permukaan terang bulan mini dengan sedikit margarin kemudian tambahkan topping sesuai selera dan tutup kembali cetakan. Tunggu sampai terang bulan matang
  9. Bila kulit di bagian samping sudah kering berarti terang bulan mini sudah matang dan siap dikeluarkan dari cetakan.
    10. Kue Terang Bulan Mini siap disantap

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini