Helikopter Pengangkut Barang Terbesar di Dunia
Pesawat terbang Anda sudah tahu, burung besi dengan sepasang sayapnya, ekor, dan bodi. Orang menciptakan pesawat terbang memang terinspirasi dari burung. Tapi helikopter, inspirasinya dari mana? Ada yang bilang meniru cara terbangnya capung. Entahlah, yang jelas kalo pesawat biasa kehilangan mesinnya masih bisa dikendalikan layaknya glider tak bermesin – dengan cara yang benar tentunya. Balon udara masih bisa diturunkan jika kehilangan tenaganya, tapi helikopter? Jika mesinnya mati opsi-nya cuma satu: jatuh! Kira-kira orang gila mana yang dulu berani menerbangkan prototipe helikopter? Bukan cuma menerbangkan, mereka juga ternyata bikin mesin terbang ini menjadi monster-monster raksasa di udara
ewasa
ini helikopter-helikopter ini dibuat semakin besar sesuai dengan
kebutuhannya terutama untuk mengangkut logistik perang, kargo udara,
dan penanganan bencana.
Sekali mesinnya mati atau sesuatu menghalangi lajunya, tidak ada ampun, dia akan langsung menghunjam ke bumi. Maklum, tidak bersayap.
Tapi
manusia tidak menyerah dan terus berusaha sehingga saat ini bisa
dikatakan helikopter sudah seaman dan senyaman pesawat terbang biasa.
Helikopter
di Alaska yang mencoba menarik kapal dengan sebuah tali yang
panjangnya 600ft dengan posisi hidungnya yang bersudut 25 derajat ke
bawah.
Bahkan mereka membuatnya dengan ukuran yang sangat besar.
Tidak
seperti pesawat biasa, Lomba membuat helikopter-helikopter
berukuran besar dimulai setelah Perang Dunia II. Seperti halnya
banyak teknologi mesin terbang, helikopter mengalami kemajuan pesat
menjadi lebih berfungsi dan aman. Sementara itu, di awal tahun
40-an mesin terbang cukup beruntung bisa terbang di udara – tanpa
membunuh pilotnya.
Awalnya
belum berlangsung begitu lama. Di tahun 50-an muncul desain-desain
helikopter radikal, baik yang disponsori oleh Amerika maupun Uni
Soviet. Salah satu desain yang sukses adalah Boeing Chinook yang
dikenal tidak hanya digunakan untuk kepentingan militer tapi juga
digunakan oleh perusahaan-perusahaan sipil untuk kargo. Muncul di
akhir tahun 50-an dan bertahan sangat lama digunakan karena kemampuan
angkutnya.
Saat
ini versi modern dan terbarunya masih digunakan di seluruh dunia.
Terbukti mampu menghubungkan lokasi-lokasi yang tidak mungkin atau
sulit dijangkau. Chinook mampu mengangkut kargo seberat 28.000
pounds (14 ton).
Raksasa
lainnya adalah Mi-6, buatan biro desain Soviet Mikhail Mil . Dibuat
di tahun 50-an, Mi-6 sosoknya memang seperti monster. Meski bentuknya
tidak seaneh Chinook, monster ini mampu mengangkut barang bawaan
seberat 26.000 ton (12 ton). Helikopter ini termasuk yang paling
populer di Soviet dan hingga kini beberapa diantaranya masih
digunakan.
Meski
Chinook kelihatan aneh dan Mi-6 begitu besar, sosok
helikopter-helikpoter besar lainnya dibuat tidak lagi mementingkan
ukurannya kecuali bentuknya saja yang semakin aneh. Lihatlah sosok
Mi-10. Dibuat berbasiskan Mi-6 dengan 4 kaki monsternya yang mencolok,
jadinya mirip capung raksasa.
Bukan Amerika namanya kalau tidak menciptkan helikopter yang juga besar seperti punya Soviet. Mungkin karena didesain oleh Hughes, helikopter XH-17 ini benar-benar besar dan menakutkan. Jadi inget film Transformer. Hehe.
CH-54 Tarhe sedang mengangkut F-4 Phantom II yang rusak:
Sikorsky S-64 Skycrane, gambar dari model helikopter yang cantik, lihat di sini:
Fairey
Rotodyne, 1959, digembar-gemborkan sebagai “Airline dengan
vertical take-off pertama di dunia” (proyeknya dihentikan 1962) dan
merupakan airline pertama di dunia yang menggunakan helikopter: New
York Airways, 1953
“Pada
8 Juli 1953, perusahaan New York Airways menjadi yang pertama kali
melayani penumpang dengan menggunakan helikopter. Beroperasi
seperti dengan gaya sebuah perusahaan bis, helikopter-helikopter ini
terbang dari lokasi-lokasi seperti La Guardia Airport, New York
International Airport, Neward Airport, West 30th Street di Manhattan,
White Plains, dan Stamford sepanjang hari” Helikopter Terbesar Sepanjang Masa dan Salah Satu Yang Paling Aneh
Selain capung raksasa seperti Sky Crane dan MI-10, lihat juga sosok pesawat ini yang sebenarnya mirip-mirip pesawat terbang biasa. Tapi ada rotor baling-baling utama, baling-baling ekor, juga bodi pesawat, dan monster yang dinamakan Mil V-12 ini memang lain daripada yang lain:
Memang monster ini punya baling-baling, tapi di V-12 baling-baling ini diletakkan di sisi samping bodinya yang besar. Aneh kan? Sampai saat ini helikopter inilah yang dianggap sebagai yang terbesar di dunia. Seberapa besar ? Lebarnya sama dengan Boeing 747, tapi tidak seperti 747 yang membutuhkan landasan panjgan, V-12 mampu take-off secara vertikal dan pada saat yang sama menarik beban seberat 55.000 pounds atau bahkan 80.000 pounds.
“Pada tanggal 6 Agustus 1969, Mi-12 telah mengangkut kargo seberat 44.205 kg pada ketinggian 2255 m, dan tercatat sebagai rekor dunia untuk kapasitas helikopter yang hingga kini belum terpecahkan.”
Mi-26: Helikopter Terbesar di Dunia Yang Masih Beroperasi
Jangan
coba-coba mendekati monster yang satu ini ketika baling-balingnya
berputar. Batu-batu berdiameter 12 inch saja bisa diterbangkan
seperti daun. Kru-nya berjumlah 6 orang, NATO menyebutnya “Halo”,
mega helikopter ini mampu mengangkut 70 penumpang atau sebuah
laboratorium di udara, atau sebuh dump-truck, dengan masih menyisakan
ruang.
Saat dibandingkan dengan Chinook, Mi-26 jelas lebih besar. Lihat modelnya berikut ini:
Lihat
chart detail dari mesin ini di sini. Mi-12 masih lebih besar
dibanding dengan Mi-26, sayangnya Mi-12 sudah tidak terbang lagi.
Mi-26 sedang mengangkut Mi-10 dengan tali:
Di bawah ini rotor utama Mi-26 dan gearbox-nya:
“Bulan
November 2003, koalisi pimpinan Amerika menjalankan Opersi
Mountain Resolve di provinsi Nuristan dan Kunar, Afganistan. Foto
saat operasi di atas diambil oleh sersan Greg Heath dari US Army.
Chinook mendarat untuk menjemput tawanan Afganistan yang ditangkap
oleh US Mountain Division ke-10.”
Informasi
yang lain menyebutkan sebenarnya ada satu helikopter yang
benar-benar berukuran terbesar di dunia, tapi sayangnya baru berupa
konsep




{ 0 komentar... read them below or add one }
Posting Komentar
Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini