Apa itu kartu SIM nano?

Diposting oleh Unknown on Senin, 10 September 2012

Ilustrasi (Thinkstock)

TEMPO.CO, California - Apple diperkirakan mengadopsi desain baru kartu SIM. Dari bocoran yang datang menjelang peluncuran iPhone 5 pada 12 September 2012 nanti, ponsel generasi teranyar dari Apple ini bakal menggunakan kartu SIM Nano. Bukan MicroSIM atau SIM card biasa.

Bocoran gambar yang dilansir laman ifun.de menunjukkan toko-toko di Jerman sudah menerima sejumlah kartu SIM iPhone 5.

iFun melaporkan, toko-toko T-Mobile di Jerman sudah menerima kartu ini beberapa hari lalu. Penerimaan kartu tersebut disertai dengan surat yang menginformasikan kepada staf bahwa cip yang digunakan untuk "generasi terakhir ponsel pintar" yang diharapkan beredar "dalam waktu dekat". Apple menjadi satu-satunya pengguna kartu SIM Nano.

Ketika telepon seluler diciptakan pada pertama kalinya, ukuran kartu SIM sebesar kartu kredit. Tetapi desain SIM card itu menyusut selama dua dekade terakhir.
Apple pulalah yang pertama kali menggunakan ukuran Micro-SIM yang pertama kali diperkenalkan pada iPhone 4. Penyusutan ukuran kartu SIM membawa banyak keuntungan bagi perusahaan - untuk ruang dengan beragam alat mungil tetapi memiliki banyak fitur - hal yang diinginkan oleh pengguna ponsel pintar.

Bagian kecil dari plastik, dengan sebuah cip yang tertanam di bagian dalam, menangani login dan pengamanan hubungan antarponsel dan jaringan data. Tanpa cip ini, ponsel praktis buta karena tidak mampu membuat atau menerima panggilan dan pesan. 

Ketika diperkenalkan, Mikro SIM menjadi mode tahun lalu. Kartu ini memotong beberapa milimeter pada bagian plastik. Tetapi Nano SIM akan selangkah lebih maju.
Micro SIM berukuran 15x12x0,76 milimeter, sedangkan Nano SIM berukuran 12,3x8,8x0,67 milimeter atau 40 persen lebih kecil. Cip sebenarnya memiliki ukuran sama, hanya saja plastik yang dipakai sebagai penyangga cip dipotong pada sisi kanan.
Meskipun masih spekulasi, Apple belum mengkonfirmasi mengenai bentuk kartu SIM iPhone 5 ini.
WAYAN AGUS P | DAILYMAIL

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini