Manfaat Minum Air Sebagai Pencegah Dehidrasi Tubuh

Diposting oleh Unknown on Minggu, 18 November 2012

 
 
Fungsi air dalam tubuh begitu penting. Selain untuk menghilangkan haus, minum juga bisa membantu untuk kesehatan tubuh kita. Air juga dapat membantu menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

Salah satu tubuh sedang mengalami dehidrasi adalah adanya rasa haus yang berlebihan. Apalagi di ikuti dengan rasa melayang, pusing dan letih yang datang bersamaan. Hal tersebut jangan diabaikan karena bisa membahayakan bila tidak segera diatasi.

Dehidrasi bisa di deteksi juga dengan cepatnya detak jantung. Selain itu bibir dan mulut yang kering bisa juga salah satu pertanda. Selain itu dehidrasi dapat dilihat pula pada saat buang air kecil. Saat kita dehidrasi volume air kecil terlalu sedikit dan bau serta urine berwarna pekat, karena urine pada saat kita kencing yang normal adalah berwarna kuning.

Supaya tidak dehidrasi, ada langkah-langkah yang bisa mengatasinya. Berikut beberapa hal yang bisa membantu mengatasi dehidrasi anda :

-. Minumlah sebelum, saat dan sesudah beraktivitas.
Saat badan tidak fit, tetap minum dan makanlah walaupun sedikit, meskipun anda tidak merasa haus maupun lapar sama sekali.

-. Minumalah yang cukup untuk menghilangkan rasa haus.
Mitos bahwa kita perlmu minum delapan gelas sehari tidaklah terlalu benar. Karena terkadang kita membutuhkan minum lebih banyak di saat tertentu. Contohnya saat sedang sakit dan saat berolahraga.

- Minum yang terbaik adalah minum ait mineral. Susu juga bagus untuk diminum. Jus buah pun juga tidak masalah. Tetapi alangkah baiknya air dan susu yang harus lebih sering diminum daripada jus.

- Batasi minum yang mengandung gula terlalu banyak dan juga minuman soda. Apapun bentuk minumanya, punch buah, air jeruk, atau es teh manis batasi untuk meminumnya. Minuman tersebut banyak sekali mengandung gula yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini