Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Diposting oleh Unknown on Minggu, 25 November 2012

 


Inilah Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh Manusia – asupan Vitamin sangat diperlukan oleh setiap manusia, Karena Vitamin merupakan sekelompok senyawa atau molekul kecil yang mampu memberikan efek kesehatan sangat luar biasa bagi tubuh Manusia. Kali ini TarikUlur.com akan berbagi Informasi mengenai Manfaat Vitamin Bagi Kesehatan Tubuh Manusia.

Secara umum Terdapat 6 jenis Vitamin yaitu A, B, C, D, E dan  K .  Semua jenis Vitamin ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kesehatan manusia. Vitamin memiliki peran yang sangat besar bagi tubuh manusia, karena jika tubuh kita kekurangan salah satu dari vitamin tersebut maka tubuh kita akan diserang penyakit dan terasa lemas tidak berdaya.


- Manfaat Vitamin A Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Bahasa lain dari Vitamin A adalah Retinol, Retiniol sangat berperan penting khususnya dalam hal penglihatan. Selain itu Retinol juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, atau perawatan kulit dan imunitas Tubuh. Bagi penderita Katarak ataupun Rabun Senja biasa terjadi apabila kekurangan asupan Vitamin tersebut.


- Manfaat Vitamin B Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Secara Umum Vitamin B sangat berperan penting khususnya dalam hal metabolisme tubuh. Beberapa jenis makanan yang mengandung Vitamin B adalah susu, gandum, dan sayur-sayuran hijau. Bagi penderita tubuh yang sulit berkembang atau dengan kata lain seseorang yang memiliki badan yang kecil atau dibawah normal, biasanya orang tersebut kekurangan asupan Vitamin B.


- Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Vitamin C merupakan Vitamin yang penting untuk pembentukan kolagen, membantu absorpsi besi, sebagai antioksidan, penghasil senyawa transmitter saraf dan hormon tertentu. Vitamin C terdapat pada jeruk dan buah-buahan lain yang rasanya masam, cabai, brokoli. Jika tubuh kurang vitamin C menyebabkan skorbut (pendarahan gusi), sariawan, hambatan pertumbuhan pada bayi dan anak-anak, mudah terjadi luka dan infeksi tubuh.


- Manfaat Vitamin D bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Vitamin D adalah Salah satu jenis vitamin yang banyak ditemukan pada makanan hewani (ikan, telur, susu, dan produk olahannya, seperti keju) adalah vitamin D. Bagian tubuh yang paling banyak dipengaruhi oleh vitamin D adalah tulang. Vitamin ini mampu membantu metabolisme kalsium dan mineral tulang. Jika kadar vitamin D rendah, pertumbuhan kaki akan tidak normal, yaitu membentuk huruf O dan X. Selain itu, gigi akan cepat rusak dan otot akan mengalami kekejangan. Kelebihan vitamain D akan mengakibatkan tubuh mengalami diare, berat badan menurun, muntah-muntah, dan dehidrasi yang berlebihan.


- Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Vitamin E berfungsi untuk Mempertahankan kesehatan umum, seperti mempertahankan kesehatan kulit dan rambut. Sumber dari Vitamint E tersebut misalnya dari  Kacang-kacangan, minyak zaitun, minyak jagung, wortel, alpukat. Secara umum Manfaat Vitamin E sangat banyak untuk kesehatan kita.


- Manfaat Vitamin K bagi Kesehatan Tubuh Manusia


Vitamin K sangat berperan dalam proses pembekuan darah dan juga berperan penting dalam proses pembentukan tulang bersama kalsium. Kekurangan vitamin K dapat menyebabkan gangguan pembekuan darah sehingga menyebabkan perdarahan yang sulit membeku. Vitamin K sendiri dapat ditemukan dalam berbagai makanan termasuk sayur-sayuran berdaun hijau, daging, dan produk susu. Vitamin K juga dapat berasal dari bakteri di usus yang mensintesis vitamin K yang kemudian diserap dan disimpan dalam hati.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini