Efek Samping Dari Mengkonsumsi Kayu Manis

Diposting oleh Unknown on Minggu, 09 Desember 2012

 

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang telah dikenal dan dipergunakan selama berabad-abad. Kayu manis berasal dari kulit pohon Cinnamomum zeylanicum, dan pertama kali digunakan oleh orang Mesir kuno sebagai bahan campuran pembalseman mereka. Pada saat ini, kayu manis secara luas digunakan dalam produksi anggur, minuman, parfum, dan tentu saja, sebagai bumbu makanan yang sangat populer. Manfaat kayu manis dalam bidang medis dan kuliner memang sudah dikenal di seluruh dunia, namun dalam kondisi tertentu kayu manis memiliki beberapa efek samping yang tidak menyenangkan juga.

Dikutip dari situs Buzzle.com, berikut ini beberapa efek samping kayu manis yang telah diketahui secara medis :
  1. Seseorang yang menderita masalah ginjal, mungkin mengalami gagal ginjal akibat konsumsi kayu manis secara berlebihan.
  2. Salah satu efek samping kayu manis adalah memiliki sifat anti-pembekuan darah. Jadi jika Anda bermasalah dengan masalah pembekuan darah, lebih baik menghindari makanan yang satu ini agar tidak mengakibatkan pendarahan yang berlebihan.
  3. Beberapa orang bahkan dapat merasakan reaksi alergi terhadap bubuk kayu manis. Hal ini akan menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit, dan ruam juga menyebar pada tubuh.
  4. Orang yang memiliki borok di mulut mereka, mungkin mengalami sensasi terbakar dan nyeri setelah mengkonsumsi kayu manis.
  5. Jangan pernah mengkonsumsi minyak dari pohon kayu manis karena bisa sangat berbahaya bagi tubuh manusia.
  6. Kayu manis juga dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung, dan dyspnea (yang merupakan salah satu jenis gangguan pernapasan).
  7. Konsumsi kayu manis secara berlebihan juga dapat menyebabkan tangan gemetar dan meningkatkan produksi keringat yang berlebihan pada telapak tangan.
  8. Iritasi lambung juga pernah dilaporkan sebagai salah satu dari efek samping kayu manis apabila dikonsumsi secara berlebihan. Kayu manis juga tidak dianjurkan bagi bagi orang-orang yang sedang mengkonsumsi antibiotik dan obat gula darah.
Catatan: Efek samping kayu manis yang disebutkan di atas tidak mempengaruhi setiap orang, tetapi hanya mereka yang memiliki kondisi medis tertentu atau memiliki kekebalan tubuh yang sangat sensitif dan sistem tubuh.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini