5 Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 16 Juni 2012

 
Anda pernah mengalami sakit tenggorokan?? kalau belum pernah, saya doakan mudah-mudahan gak sakit tenggorokan :-p soalnya menurut saya, sakit tenggorokan itu sangat menyiksa sekali. apalagi kalau pas mau tidur :’(

Kenapa saya bilang begitu, karena saya udah ngalamin sendiri sakit tenggorokan. Tenggorokan terasa kering, bengkak dan sakit saat menelan apapun, bahkan ludah. Jadi kalau pas mau tidur susah sekali, karena pas nelan ludah pasti sakit. Sakit tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi virus seperti pilek atau flu. Bagaimana cara mengatasinya??

Nah berikut ini saya mau bagi-bagi tips mengenai cara mengatasi sakit tenggorokan, mudah-mudahan dapat membantu anda yang sedang mengalami sakit tenggorokan.

1. Berkumur dengan air garam


Berkumur dengan air garam dapat mengurangi radang pada tenggorokan. Karena garam dapat menarik air keluar dari membran sel, sehingga cukup efektif mengurangi bengkak dan peradangan akibat sakit tenggorokan. Caranya tambahkan setengah sampai satu sendok teh garam untuk secangkir air hangat, dan gunakan berkumur dengan air campuran ini setidaknya sekali setiap jam.

2. Minum madu

Madu dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, meski sampai saat para ahli belum sepenuhnya memahami cara kerja dari madu. Namun yang pasti, madu mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang resisten terhadap antibiotik. Caranya campurkan 1-2 sendok makan madu ke dalam secangkir air panas, kemudian diminum (tunggu airnya dingin dulu :-p)

3. Cuka sari apel Meski tidak bisa menemukan bukti ilmiah tentang cara kerjanya, tetapi banyak orang mempercayai khasiatnya. Caranya campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam secangkir air hangat, kemudian dikumur dan telan.

4. Teh hijau

Sebuah riset menunjukkan bahwa peserta penelitian yang menggunakan ekstrak teh hijau mengalami peningkatan respon imunitas karena mereka dapat mengeluarkan hormon interferon, yang mampu melawan virus. Untuk hasil yang lebih baik, anda dapat menambahkan madu ke dalam secangkir teh hijau.

5. Mengonsumsi suplemen Vitamin D


Sebuah riset pada 2007 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen Vitamin D setiap hari peluangnya lebih kecil mengalami gejala pilek dan flu. Dengan kata lain, jika Anda mengonsumsi suplemen vitamin D, maka daya tahan tubuh akan membaik dan gejala sakit tenggorokan berkurang.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini