Manfaat Menyusui bagi Sang Ibu

Diposting oleh Unknown on Senin, 26 November 2012



Selain bermanfaat untuk bayi,  pemberian ASI  (breastfeeding) juga bermanfaat bagi sang Ibu. Berikut ini manfaat menyusui bagi sang ibu:

  • Perempuan yang menyusui memperoleh manfaat dengan bertambahnya kadar oksitosin, yakni hormon yang merangsang uterine contractions yang menurunkan risiko for postpartum bleeding. Perempuan bisa memulihkan dirinya secara lebih baik dengan sedikitnya pendarahan saat melahirkan.
  • Seringnya menyusui secara eksklusif biarpun tidak selalu, dapat menunda kembalinya ovulasi dan menstruasi selama 20 hingga 30 minggu atau lebih. Hal ini merupakan metode alami untuk memberi jarak kelahiran antar anak bagi kebanyakan orang.
  • Menyusui dapat meningkatkan perasaan keterikatan antara ibu dan bayi.
  • Menyusui menurunkan risiko ibu dari berkembangnya kanker payudara dan ovarium pramenopause dan penyakit jantung, serta bisa menurunkan risiko osteoporosis di kemudian hari. Manfaat tersebut meningkat selama ia menyusui.
  • Perempuan yang menyusui tanpa memiliki sejarah gestational diabetes (diabetes semasa hamil) kemungkinan kecil berisiko menderita diabetes tipe 2 di kemudian hari.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini