Zat Besi Merupakan Mineral yang Penting Bagi Tubuh

Diposting oleh Unknown on Senin, 26 November 2012

 

Mineral lain yang amat penting adalah zat besi (Fe). Zat ini paling banyak berada di dalam sel darah merah tempat terbentuknya hemoglobin (zat merah yang memberi warna pada darah). Hemoglobin berfungsi penting untuk mengantarkan oksigen ke seluruh jaringan tubuh dan menjaga kelangsungan hidup kita. Sel darah merah memiliki bentuk yang amat kecil, biasanya di dalam setetes darah terdapat 5.000.000 butir. Sel yang kecil ini berbentuk bulat pada tepinya dan cekung di tengah. Hal ini menyebabkan permukaan yang lebih besar dibandingkan besarnya sel, sehingga membuat Oksigen dan Karbondioksida lebih mudah bertukar.

Sebagian besar zat besi kemungkinan hilang dari tubuh karena berbagai sebab. Misalnya bawasir yang berdarah, luka, atau selama haid. Luka kecil di dalam perut biasanya dapat menyebabkan kehilangan darah. Hal ini seringkali terjadi bila seseorang menggunakan aspirin terlalu sering atau merokok ketika perut kosong. Untuk menjaga kesehatan, kita harus memilih makanan yang mengandung zat besi.

Sumber makanan yang mengandung zat besi terdapat dalam berbagai bentuk. Namun tidak semua dapat diserap dengan mudah. Telur, buah, abrikos, kismis, kentang, sayuran hijau, biji-bijian yang masih berkulit ari, daging tanpa lemak, dan hati. Pemenuhan Fe oleh tubuh memang sering dialami sebab rendahnya tingkat penyerapan zat besi di dalam tubuh, terutama dari sumber zat besi nabati yang hanya diserap 1-2%. Penyerapan zat besi asal bahan makanan hewani dapat mencapai 10-20%. Zat besi bahan makanan hewani (heme) lebih mudah diserap daripada Fe nabati (non heme).

Keanekaragaman konsumsi makanan sangat penting dalam membantu meningkatkan penyerapan Fe di dalam tubuh. Kehadiran protein hewani, vitamin C, vitamin A, zink (Zn), asam folat, zat gizi mikro lain dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh. Manfaat lain mengkonsumsi makanan sumber zat besi adalah terpenuhinya kecukupan vitamin A. Makanan sumber zat besi umumnya merupakan sumber vitamin A.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini