16 Manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk pengobatan dan kecantikan

Diposting oleh Unknown on Senin, 10 Desember 2012

 

Kandungan jeruk nipis  :
- Asam sitrat
- Kalsium
- Fosfor
- Synephrine
- N-methyltyramine
- Limonene dan linalool
- Hesperidine
- Rhoifolin dan naringin
- Zat besi
- Vitamin A, B1, dan C
Manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk pengobatan dan kecantikan.

Jeruk nipis dikenal mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dibanding jenis jeruk lainya, dari kandungannya yang beragam tidak salah lagi jika jeruk ini berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Selain untuk penyembuhan jeruk nipis bermanfaat juga bagi kecantikan, diantaranya :
- Membuat kuku cemerlang
- Membuat rambut berkilau halus dan lembut
- Menghilangkan ketombe membandel
Khasiat dan Manfaat jeruk nipis untuk pengobatan dan cara penggunaanya :
1. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Mengobati Batuk
Caranya :
Ambil 1 jeruk nipis bersihkan, lalu peras, campur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk sampai rata lalu disaring. Minum 2-3 kali sehari.
2. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Tekanan Darah Tinggi
Caranya :
Ambil 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci bersih, kemudian tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 seperempat gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari seperempat gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari secara rutin.
3. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Ambeien
Caranya :
Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis cuci bersih, kemudian direbus dengan air 1 liter selama setengah jam, lalu saring. Anda minum hangat-hangat 3 kali sehari.
4. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Amandel
Caranya :
Ambil kulit tiga jeruk nipis dicuci bersih, dipotong-potong, lalu direbus dengan dua gelas air hingga airnya tersisa seperempat, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.
5. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Anyang-anyangan
Caranya :
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk hangat-hangat, minum sekaligus sehari sekali.
6. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Batuk Disertai Influenza
Caranya :
Ambil dan Potong sebuah jeruk nipis yang sudah masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan setengah sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.
7. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Bau Badan
Caranya :
Ambil jeruk nipis lalu Potong menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan pada ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore hari.
8. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Demam atau Flu
Cara 1:
Ambil Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Cara 2:
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.
9. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Haid Tidak Teratur
Caranya :
3 sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.
10. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Jerawat
Caranya :
Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah yang terkena jerawat.
11. Manfaat Jeruk Nipis Untuk Mencegah Rambut Rontok dan Berketombe
Caranya :
Dua jeruk nipis dipotong menjadi tiga bagian, oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.
12. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Radang Tenggorokan
Caranya :
Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.
13. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Terkilir
Caranya :
Ambil 3 buah jeruk nipis yang sudah masak, belah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan setengah cangkir air panas, lalu ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan dua sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini digunakan untuk mengurut bagian yang cedera. Kemudian minum seperempat gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.
14. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Pegal Linu
Caranya :
Ambil daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.
15. Khasiat Jeruk Nipis Untuk Sakit Gigi
Caranya :
Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.
16. Khasiat Jeruk Nipis Untuk menurunkan berat badan
Caranya :
Satu buah jeruk nipis diperas kemudian tambahkan ke dalam cangkir air teh hijau. Minum setiap pagi dan sore setiap hari.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini