Akibat Dari Kekurangan Vitamin A

Diposting oleh Unknown on Rabu, 12 Desember 2012


 

Vitamin A atau Retinol adalah vitamin yang berperan banyak dalam pembentukan indera penglihatan manusia khususnya di malam hari. Retinol merupakan salah satu komponen penyusun di bagian retina mata. Vitamin A memiliki sifat khusus yakni mudah rusak oleh paparan panas, udara serta cahaya matahari. Vitamin A ini banyak ditemukan pada susu, sayur-sayuran seperti wortel, buah-buahan khususnya yang berwarna kuning pun merah. Asupan vitamin A harus diperhatikan sebab kekurangan vitamin A akan mengganggu penglihatan pada manusia dan lain-lain.

Penelitian WHO
Badan organisasi kesehatan dunia atau WHO yang merupakan bagian dari PBB, menemukan fakta bahwa sekitar 250.000 hingga 500.000 anak disinyalir mengalami kekurangan vitamin A. Hal ini ditandai dengan tingginya angka kebutaan terutama di Afrika juga Asia Tenggara. Masih menuurt WTO. Negara maju seperti Amerika Serikat telah mengatasi defisiensi (kekurangan) vitamin A dengan baik. Lain halnya dengan Negara berkembang yang masih berkutat dengan problematika seputar kurangnya Vitamin A. Hal ini menjadi isu krusial dan menjadi perhatian dunia yang signifikan.

Untuk menjawab permasalahan tersebut, WTO sendiri telah bekerjasama dengan berbagai komponen terkait untuk menaggulangi permasalahan akibat kurangnya vitamin A. Langkah-langkah yang diambil seperti  kombinasi vitamin A dengan pemberian air susu ibu, fortifikasi makanan serta pemberian suplemen untuk pemenuhan kebutuhan vitamin A.

Akibat Buruk Kurangnya Vitamin A
Seperti telah disinggung sebelumnya, kekurangan vitamin A akan mengakibatkan menurunnya indera penglihatan. Tetapi tak berhenti sampai di situ, kekurangan asupan vitamin ini juga mengakibatkan infeski pada saluran pernafasan, menurunnya daya tahan tubuh, kondisi kulit yang cenderung tak sehat, mengalami anemia dan masih banyak lagi lainnya.

Jika seseorang mengalami kekurangan vitamin A, biasanya gejala awal yang muncul seperti mengalami rabun senja. Kondisi ini jika dibiarkan maka akan berujung pada kebutaan sebab pada bagian putih akan timbul pengendapan berbusa yang sering disebut bintik bitot serta kondisi dimana kornea mengeras dan membentuk xeroftalmia. Kedua hal ini akan menyebabkan kebutaan permanen.

Kelebihan Vitamin A
Kekurangan vitamin A memang sangat berbahaya, namun tahukah Anda bahwa kelebihan vitamin A juga tak kalah berbahayanya? Asupan vitamin A yang melebihi dosis normal akan mengakibatkan tubuh mengalami keracunan. Gejala keracunan tersebut akan muncul seperti mengalami kantuk berat, emosi yang labil, diserang sakit kepala serta muntah, rambut menjadi jarang dan cenderung kasar, rontoknya bulu mata, bibir kering serta kulit yang kasar dan berisisik. Pada ibu hamil yang mengkonsumsi vitamin A buatan dalam dosis berlebih akan meningkatkan potensi cacat pada bayi yang dikandung.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini