Manfaat dan Khasiat Brokoli Untuk Turunkan Kolesterol

Diposkan oleh david saputra on Rabu, 28 November 2012

 

Sayuran hijau yang banyak digemari ini ternyata punya banyak manfaat lho. Salah satu manfaat tanaman herbal brokoli ini yaitu menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu saja, banyak manfaat brokoli lainnya yang beragam dan baik untuk kesehatan. Ingin tahu apa saja manfaatnya, simak disini!

Selama ini mungkin banyak dari kita yang gemar menyantap brokoli baik sebagai varian sayur dalam sup, atau ditumis dengan bawang putih dan jamur. Di balik kenikmatannya, manfaat brokoli ternyata baik untuk mengatasi peradangan kronis serta mendukung proses detoksifikasi yang lebih memadai.
Beberapa manfaat brokoli berikut ini mungkin bisa menjadi alasan baru agar anda lebih menyukai sayur:
  • Menurunkan Kolesterol
Masak brokoli dengan cara direbus, hal ini akan mengoptimalkan manfaat brokoli terutama untuk menurunkan kolesterol. Brokoli yang direbus memiliki kandungan serat yang tinggi yang secara perlahan akan membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Disamping itu, serat dalam brokoli berdampak positif bagi asam empedu dalam saluran pencernaan. Brokoli merupakan herbal kolesterol
  • Membantu Detoksifikasi
Brokoli mengandung zat glucoraphanin, gluconasturtiian serta glucobrassicin. Ketiga zat tersebut merupakan pendukung langkah proses detoksifikasi dalam tubuh. Selain itu molekul detoks yang terdapat pada brokoli mampu menghancurkan racun dalam tubuh.
  • Mempunyai Kadar GI Rendah
GI (Glikemik Indeks) merupakan tingkatan pangan dalam skala 0-100 yang menunjukkan seberapa cepat suatu bahan pangan meningkatkan kadar gula darah. Brokoli mempunyai kandungan GI rendah yaitu 10, sehingga cukup baik jika dikonsumsi terutama oleh penderita diabetes. Berdasarkan penelitian, pengontrolan asupan penderita diabetes dengan menurunkan nilai GI makanannya lebih baik dibandingkan dengan metode pengobatan mutakhir dan insulin.
  • Mengatasi Kekurangan Vitamin
Brokoli mengandung kombinasi vitamin A, vitamin K serta vitamin D yang berperan penting dalam menjaga metabolisme tubuh. Selain itu brokoli juga bisa menjadi pilihan makanan ideal bagi untuk menjaga berat badan ideal.
  • Mengurangi Dampak Alergi
Brokoli mengandung kaempferol yang bermanfaat untuk mengurangi dampak alergi pada tubuh.
Ayo, jangan pernah menunda hidup sehat! Cegah kolesterol dan berbagai penyakit lainnya dengan manfaat brokoli serta sayur lainnya. Selain itu kombinasikan juga dengan olahraga serta konsumsi camilan sehat

{ 2 komentar... read them below or add one }

dimdroid mengatakan...

I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article
nice post, that's very interesting information thanks for sharing :)
I introduce a Medical student in Islamic University of Indonesia Yogyakarta

website cari uang mengatakan...

Kandungan nutrisinya benar-benar lengkap apa yg di butuhkan oleh tubuh terutama detoksifikasi...
terima kasih

Poskan Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini