Mengenal Penyebab Penyakit Vertigo

Diposting oleh Unknown on Rabu, 12 Desember 2012

 
 
Vertigo dalam bahasa Yunani berarti memutar. Dalam dunia medis, vertigo merujuk pada suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan keseimbangan disertai beberapa gejala seperti pusing, pandangan berubah kabur, mengeluarkan keringat dingin, denyut nadi berubah cepat, pandangan tidak fokus dan serasa berputar-putar. Dengan istirahat, umumnya vertigo ringan akan hilang. Namun ada pula jenis vertigo yang sampai melumpuhkan penderitanya. Menurut beberapa ahli kesehatan, penyebab vertigo yang paling utama adalah adanya gangguan syaraf yang terkoneksi dengan mata, hidung serta tenggorokan.

Gangguan Pada Organ


Seperti telah dijelaskan bahwa penyebab vertigo tak lain karena adanya gangguan syaraf pada organ seperti mata, telinga serta tenggorokan. Misalnya pada mata, jika dipaksa untuk bekerja secara berlebihan seperti kurang tidur atau bekerja di depan layar komputer seharian penuh tanpa jeda akan berpotensi memicu vertigo yang memunculkan gejala sulit mengatur keseimbangan saat berdiri dan berjalan.

Tak berhenti sampai di situ, vertigo juga bisa muncul dari dalam. Kondisi perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba, adanya gangguan sistem syaraf yang menghubungkan organ lain dengan otak, atau bahkan gangguan syaraf di dalam otak sendiri, semuanya bisa mengundang kedatangan vertigo.

Pengobatan Terhadap Vertigo


Selain mengetahui penyebab vertigo, adalah penting pula untuk membahas langkah pengobatannya. Vertigo pada dasarnya bisa diobati. Namun sedikit lebih rumit sebab metode pengobatan yang dipakai harus mengacu pada jenis vertigo. Pada hakekatnya, vertigo dibagi lagi ke dalam beberapa jenis antara lain vertigo persisten atau vertigo yang sementara. Ada pula vertigo debris yang terjadi karena adanya gangguan debris di ruang kepala yang bebentuk setengah lingkaran. Jenis vertigo ini, dalam dunia medis dikenal juga dengan istilah BPPV yang merupakan akronim dari Benign Paroxysmal Position vertigo. Masih banyak penggolongan vertigo lainnya, untuk meengetahuinya, terlebih dahulu penderita harus berkonsultasi dengan dokter. Sebab jenis vertigo diklasifikasikan berdasarkan gejalanya yang timbul.

Jika penyebab vertigo Anda adalah istirahat yang kurang, maka cobalah tidur dengan memposisikan kepala lebih tinggi dari pada kaki. Setelah bagun, jangan membuat gerakan secara tiba-tiba. Ada baiknya lakukan dalam keadaan pelan. Untuk vertigo yang jauh lebih parah, pengobatannya bisa dikonsultasikan dengan dokter. Tetapi sebagai alternatif, Anda bisa mencoba resep tradisional. Bahan yang digunakan cukup sederhana antara lain kayu manis, asam trengguli, daun seledri, serta rambut jagung. Rebus semua bahan dalam air panas kemudian saring dan minum airnya.

Jika penyebab vertigo Anda adalah karena adanya gangguan syaraf yang disebabkan oleh debris (batuan kecil) maka Anda bisa melakukan langkah pengobatan dengan mencoba terapi yang dinamakan Canalith Respositioning Theraphy atau biasa disingkan CRT. Terapi harus tetap dilakukan oleh dokter ahli yang paham betul mengenai vertigo. Jadi segeralah periksakan diri Anda!

{ 3 komentar... read them below or add one }

Dani Akbar mengatakan...

Raih Keajaiban dengan CD Digitalprayer ...
Dijual CD Digitalprayer Untuk :
1. Meningkatkan Konsentrasi & Daya Pikir
2. Menyejukan Hati & Ketenangan Hati
3. Mempercepat Proses Belajar / meningkatkan Daya Serap Otak
4. Mendatangkan Keajaiban Finansial / Mendatangkan Kelimpahan
5. Membuat Otak Menjadi Kreatif
6. Memberi Manfaat Meditasi
7. Menajamkan Intuisi
8. Meningkatkan Inner Beauty / Awet Muda / Anti Penuaan
9. Menghentikan Kebiasaan Buruk / Bad Habit
10. Menguatkan Daya Ingat
11. Memunculkan Aura Cinta / Kasih Sayang, Menarik Lawan Jenis
12. Meningkatkan Karisma dll.

Kunjungi tokobaru99.blogspot.com

Unknown mengatakan...

Saya penderita vertigo :( ...
Dah puas ke pakar.. fisiotheraphy... skrg ke acupunture pulak.. :'(

Unknown mengatakan...

Tolong la saya mcm mana nak mengatasi nya ... :'(

Posting Komentar

Terima Kasih Sudah Berkunjung ,, Jangan Lupa Berikan Komentarnya Untuk Artikel Ini